Nganggur!!

Kata yang yang tak pernah terfikir di benakku sebelumnya, kuliah di jurusan “Hama dan Penyakit Tumbuhan” yang mengharuskanku hidup satu hari delapan belas jam, kuliah.. praktikum.. tugas.. laporan praktikum.. presentasi…. juga nama – nama serangga… jamur.. bakteri.. yang semuanya nama ilmiah yang harus kuhapal diluar kepala, hingga berujung pada suatu riset panjang dan melelahkan yang menyita waktuku, tapi big surprise-nya aku adalah salah satu dari tiga lulusan tercepat dari jurusan yang kata orang “mudah masuknya tapi susah untuk keluar”, dan sebagai hadiah dari kerja kerasku “aku lulus dengan pujian” dan menjadi salah satu orang yang menerima “tepuk tangan meriah” di acara wisudaku!!
“ dengan IPK diatas 3.5 kamu bisa memilih untuk kerja dimanapun.. setidaknya dengan IPK segini, saringan pertama kamu pasti lulus, dan selanjutnya terserah kamu Rahmi, Bapak harap kamu juga bisa cum laude di masyarakat” ucapan Prof. Sadeli, dosen pembimbingku, sesaat setelah dia menobatkanku sebagai “Sarjana Pertanian”.. airmata bahagia itu mengalir deras di pipiku, usahaku yang tak mudah untuk menjadi sarjana.
Rasa bangga…haru..bahagia…semua bercampur jadi satu.. semua berkata “selamat Rahmi.. selamat..” semua tersenyum di hari itu.. akupun menangis tiada henti.. aku memang cengeng.. itu yang dibilang Prof. Sadeli, tapi aku begitu bahagia saat itu.. 10 November 2008..
Tapi ternyata, perayaan kelulusanku benar – benar hanya euphoria sesaat.. yaa.. setelah pak Rektor memindahkan tali topi togaku ke kanan “Welcome to the real world Rahmi”
Akupun tak diam.. dengan ijazah dan transkrip nilai yang diberikan UNPAD padaku aku mulai melamar pekerjaan, standart perusahaan yang kulamar pun cukup tinggi, aku hanya melamar pada perusahaan modal asing dan perusahaan yang ada “tbk.”nya.. kufikir, aku orang yang dicari perusahaan, “lulus cepat, IPK tinggi, aktif organisasi, dan penghargaan – penghargaan tingkat nasional yang menambah daftar panjang CV-ku”..aku selalu berfikir cari kerja itu mudah untuk orang sepertiku. Bahkan ketika seorang teman berkata “wisuda = wilujeung susah damel”, aku hanya tersenyum, dan berkata “lo’ aja kali”..
Tapi ternyata, hidup kadang tak semudah apa yang kita fikir, hidup tak sesimpel apa yang kita rencanakan. Aku lulus di saat krisis global, beberapa perusahaan pertanian yang menjadi targetku tidak membuka lowongan untuk fresh graduate, akupun tak patah arang, aku melamar ke beberapa Bank, perusahaan pembiayaan, media, dan banyak perusahaan lainnya.
Dan seperti yang kubilang hidup tak sesimpel apa yang kita rencanakan, lebih dari dua puluh perusahaan yang kulamar belum juga memanggilku. Aku mulai merasa kecewa dengan keadaan ini, aku mulai menangis, aku begitu sedih, tak pernah terfikir di benakku aku akan melewati masa seperti ini, terus terang saja aku tak pernah mempersiapkan diri untuk menjadi pengangguran ketika aku lulus..!!
Tapi aku masih beruntung, aku punya orang tua yang selalu mendukung, dengan setia mamah menghiburku, Papah pun tak pernah terlalu sering bertanya tentang pekerjaan. Mungkin karena mereka tahu hatiku sedih saat mereka bertanya.
“Masih belum ada panggilan Kak?”
Akupun menjaga semangatku, dibantu seorang teman yang selalu bisa membuatku tersenyum di masa – masa itu, yang selalu berkata “semangat Rahmi”.
Aku menulis ini bukan untuk menakut – nakuti orang tentang betapa sulit mencari kerja, aku hanya ingin membagi cerita. Mengevaluasi diriku, karena kita tak pernah tahu apa yang terbaik untuk kita, Allah SWT punya rahasia, Allah SWT sudah mengatur setiap detik kehidupan ini. Akupun sampai sekarang tak tahu apa sebenarnya rahasia yang Allah SWT simpan untukku, tapi keyakinan dalam hati yang akan terus kujaga..
“ semua yang terbaik dan terindah yang Allah SWT rencanakan akan datang di waktu yang tepat, biarlah semua berjalan sebagaimana mestinya…”

One thought on “Nganggur!!

  1. Ping-balik: aku bukan pengangguran..!!! « Hadianiarrahmi's Blog

Tinggalkan Balasan

