“ Yuk..Melirik Pesona Gunung Papandayan”

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung api yang berada di jawa Barat, dan telah berkembang menjadi salah satu pesona wisata daerah Jawa Barat. Letaknya di kabupaten Garut, dan dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu jalur garut yang relatif lebih ramai dikunjungi wisatawan dan jalur pangalengan yang relative lebih sepi dan memberikan medan yang menantang, terutama bagi para pecinta offroad.

Bagi pengunjung dari luar kota, dapat keluar dari pintu tol buah batu / Moh. Toha, lalu mengambil jalur ke pangalengan, yang terletak di selatan kabupaten Bandung. Sepanjang perjalanan, anda akan mendapatkan pemandangan sentra pertanian sayuran pangalengan yang mempesona, dari Pangalengan, anda akan melewati perkebunan the milik PT Perkebunan Nusantara VIII, yaitu kebun Malabar, Purbasari, Talun santosa dan Perkebunan Sedep yang merupakan perkebunan terakhir sebelum memasuki jalur pendakian menuju gunung papandayan. Kendaraan khusus Offroad, lebih direkomendasikan untuk jalur ini.

kawahgambar : Kawah Papandayan (dari Lawang Angin). foto By : Rama

Pemandangan pertama yang menyambut Anda setelah tiba di gunung papandayan adalah “lawang angin”, dari sana anda dapat melihat, pesona Papandayan secara lengkap..kap..kap.., dari mulai kepulan asap kawahnya, dan gugusan gunung – gunung yang mengelilinya.

Pagi hari merupakan waktu yang paling cocok untuk menapakkan kaki di dasar kawah papandayan, kalau sedang cerah pemandangan matahari terbit dengan cahaya keemasannya sungguh luar biasa. Dari Lawang Angin kita dapat berjalan kaki menuju ke kawah dengan medan berbatu yang cukup curam, jadi perlu kehati – hatian tingkat tinggi. Untuk mencapai kawah kita akan melewati sungai kecil yang airnya begitu jernih yang mengairi tegal alun – alun. Konon katanya, di papandayan masih terdapat beberapa hewan buas seperti harimau dan babi hutan, tapi anda tidak perlu takut karena binatang tidak akan menganggu jika kita tidak menganggu ekosistem mereka. Oleh karena itu, jangan ragu untuk datang dan berpetualang ke papandayan.

the team

gambar : Idral, Galih, Rangga,Saya (rahmi), Nino, Dipo, Rama (@ Pondok Saladah Gunung Papandayan)

5 thoughts on ““ Yuk..Melirik Pesona Gunung Papandayan”

  1. kita udah praktek 4hari kemaren disana

    gilaaaaaa….

    dingin bangaeeeet tw ampe 8 derajat suhunya…

    kalo mw kesana salam ya sama EMA warung no 7 dai kiri…

    heeeeee….

    tu tempat qt nginep….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s