pernik ramadhan Rahmi (I)

Bulan ramadhan tahun ini tak jauh berbeda dengan bulan puasa tahun lalu,, lebih parah malah kalo kubilang.. hiksss…

mulai kuliah di awal ramadhan ini sungguh menyita waktuku (Astagafirullahaldzim.. maafin aku ya Allah..) yaa,, aku harus berangkat habis subuh dan pulang nyaris isya,,(tarawih berjamaah kadang ketinggalan.. hiksss,,,) belum lagi bejibunnya tugas – tugasku,, dan aku yang masih menyesuaikan diri dengan tempat baruku.. hummm..

hari ini,, aku memulai dengan kuliah ekologi kimia serangga (Thanks God.. akhirnya berkah Ramadhan mempertemukan aku dengan kuliah serangga yang mebuatku lebih nyaman di banding kuliah ekonomi itu….). lalu diskusi lagi.. ngerjain tugas lagi…akhirnya ba’da ashar aku baru pulang dari kampus, dalam hati berharap bisa buka di rumah…

aku memilih naik bis kota (bis dago leuwi panjang, damri wisata kota bandung), alhamdulillah jalanan tak begitu padat, hanya saja perasaan bulan ramadhan kali ini musisi jalanan makin banyak yaa… alasannya :

a. tingkat pengganguran meningkat di bulan agustus 2009  atau b. orang – orang lebih aware terhadap pengamen di bulan ramadhan (memanfaatkan keinginan manusia berburu ladang amal kali yaa..)

selain para pengamen itu,, yang jumlahnya meningkat adalah pedagang asongan (sekitar tegallega- kebon kelapa) banyak sekali pedagang musiman yang menawarkan cendol elisabeth.. juga para pedagang asongan yang jualan aqua gelas untuk ta’jil..

dan ternyata keinginan di awal tadi (buka bareng di rumah) tak terwujud,, hmm.. jalanan sekitar pasar dayeuhkolot macet gila..

“Hummm…anda saja orang – orang itu lebih memahami hikmah puasa yaitu “sabar”, mungkin mereka tak akan berebut jalan, menutup jalan dari arah lain, hanya karena semua ingin cepat sampai di rumah… andai saja.. semua bisa lebih tertib..”

Tinggalkan Balasan

