Hubungan social system dan ecosystem di Easter Island

Masyarakat easter island, menempati sebuah pulau yang paling terpencil di dunia. Pulau ini terletak di Samudra Pasifik lebih dari 2.000 mil di sebelah barat benua terdekat (Amerika Selatan), pulau ini memiliki iklim subtropics, memiliki gunung berapi sehingga tanah yang dimilikinya menjadi tanah yang subur, bahkan sebagian ahli menyebutnya “Pulau Surga”.

Potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh pulau ini adalah : tanaman, (ada 47 spesies tumbuhan tingkat tinggi khas), hewan, ikan juga tanah yang subur. Namun, tuntutan ditempatkan pada lingkungan pulau oleh perkembangan ini adalah sangat besar. Masyarakat mulai eksploitatif dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Penggunaan sumber daya alam mencakup dua hal yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan dengan cara menggunakan sumber daya alam (tumhuhan Dan hewan) untuk dikonsumsi. Dan penduduk pulau easter ini mempunyai budaya dan ambisi sebagai warisan dari nenek moyang mereka, yaitu membangan patung raksasa  (batu yang digunakan dalam membuat patung berasal dari hasil – hasil pahatan pada batu – batu yang terletak di gunung). Dari sinilah penyebab kerusakan easter island dimulai, ketika masyarakat semakin eksplotatif dengan hutan yang dimiliki, mereka menebang pohon – pohon yang ada tanpa mempertimbangkan keseimbangan lingkungan.

1source; http://www.3dphoto.net/world/latin_america/chile/prints/posters.html

Pohon – pohon itu digunakan sebagai alat bantu untuk memindahkan patung raksasa dari gunung, yaitu dengan cara dibuat tali, roda dan alas, dan merekapun bekerja sama untuk melakukan itu semua. Lama – kelamaan, pohon yang terdapat di pulau ini pun habis akibat penggundulan hutan. Efek yang ditimbulkannya begitu luar biasa, dimana hutan – hutan yang awalnya subur, kehilangan sumber pengairannya (karena hutan gundul), sehingga manusia tidak bisa memperoleh makanan dari kegiatan bercocok tanam. Efek lain adalah, habisnya pohon untuk membuat kano, sehingga mereka tidak bisa mengambil ikan di laut sebagai makanan, lalu burung dan mamalia pun kekurangan makanan akibat hutan yang gundul. Oleh karena itu, Easter Island kehabisan makanan, lalu untuk bertahan di hidup yag semakin kritis mereka menjadi kanibal satu sama lain. Pada fase ini seharusnya ada informasi yang disampaikan ke dunia luar, akan tetapi dikarena pulau ini sangat terisolasi, maka informasi tidak sampai ke tempat lain, sehingga penduduk dan sumber daya alam di easter island pun mengalami kepunahan.

“..well, ini adalah tugas mata kuliah ekologi manusia, banyak sekali versi dari berita ini, dan saiia ikut meramaikan dengan tulisan saiia yang disarikan dari berbagi sumber ini…” heee ^^

3 thoughts on “Hubungan social system dan ecosystem di Easter Island

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s