why Biofuel..???

biofuel

http://www.bravenewleaf.com/photos/uncategorized/2008/03/29/biofuel.jpg

Karbondioksida (CO2) adalah gas rumah kaca yang diduga sebagai penyebab utama terjadinya pemanasan global. Tingkat CO2 di atmosfer saat ini telah mencapai 387 ppm, meningkat 40 % sejak revolusi industri dan merupakan tingkat tertinggi selama kurang lebih 650.000 tahun terakhir. Sejak tahun 1970 sampai tahun 2000, konsentrasi CO2 meningkat 1,5 ppm setiap tahun, tetapi sejak tahun 2000 rata-rata kenaikan tiap tahun adalah sebesar 2,1 ppm. Bahkan, laju rata-rata peningkatan CO2 pada tahun 2007 telah mencapai 2,14 ppm.

Menurut IPCC (2007), peningkatan ini disebabkan antropogenik (kegiatan manusia), terutama dari kegiatan pembakaran bahan bakar fosil dan kegiatan deforestasi. Oleh karena itu, seluruh negara yang menandatangani Protokol Kyoto dimandatkan untuk mengurangi emisi CO2 minimal 5 % dari tingkat emisi pada tahun 1990, untuk perioda tahun 2008-2012. Salah satu strategi untuk mengurangi tingkat emisi ini ialah dengan meningkatkan penggunaan energi yang dapat diperbaharui (renewable energy). Produksi bioenergi dari biomasa dimaksudkan sebagai salah satu cara meningkatkan penggunaan energi terbaharukan dari penggunaan keseluruhan energi (total energy consumption). Bioenergi dipertimbangkan sebagai energi yang menghasilkan “karbon netral”, ketika pembakaran biomasa melepaskan sejumlah karbon, sejumlah CO2 atmosfer pun diambil melalui proses fotosintesis. Bahkan, penggunaan bioenergi ini dapat turut berkontribusi terhadap keamanan ketersediaan energi dan meningkatkan pendapatan pekerja lokal (local employment).

Selain dikarenakan adanya perubahan iklim global, kemunculan biofuel= juga Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan perluasan kegiatan industri, maka kebutuhan akan sumber energi juga semakin menuingkat. Sementara itu ketergantungan manusia terhadap sumber energi fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara masih sangat besar. Hal ini yang kemudian memicu terjadinya kelangkaan dan melonjaknya harga minyak dunia akhir-akhir ini. Sehingga para ilmuwan merekomendasikan untuk mengkonversi bahan bakar fosil kepada biofuels, dengan pertimbangan ketersediaannya yang dapat terus terbarukan.

Kemunculan bioenergy (biofuel) yang diharapkan oleh sebagian besar pihak dapat menjadi energi alternative yang diusulkan untuk mengatasi masalah perubahan iklim, memunculkan berbagai pertanyaan dan permasalah apakah penerapan teknologi biofuel dapat benar – benar mengurangi permasalahan perubahan iklim yang melanda dunia?? let’s see..

One thought on “why Biofuel..???

  1. Sebelumnya salam kenal dulu dari saya.🙂
    Dan terima kasih juga sudah mengunjungi blog saya dan berkomentar, walaupun binggung mau nulis apa.😀

    Ada beberapa poin penting yang harus kamu ketahui dari pemanasan global.
    1. Pemanasan Global tidak pernah terjadi!Banyak teori-teori yang bertentangan dengan teori pemanasan global.
    2. Suhu panas yang saat ini terjadi lebih disebabkan oleh posisi matahari yang sedang dekat dengan Bumi.
    3. Adanya kepentingan Zionisme internasional. Mereka menyebarkan berita ini untuk menakut-nakuti warga dunia, agar mereka lebih mudah untuk menguasai pemerintahannegara-negara berkembang.

    Untuk lebih jelasnya Insya Allah dalam waktu dekat akan saya tulis artikelnya.
    Tapi kalau sis mau tanya2 silahkan ke FB saya. Thx…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s