Eksternalitas dan Faktor Lingkungan

Ekternalitas merupakan suatu kegiatan seorang / kelompok orang yang bertujuan meningkatkan kesejahteraannya tetapi menimbulkan kerugian/ keuntungan terhadap orang/ kelompok orang lain. berikut salah satu contoh eksternalitas  yang saiiah bikin buat tugas kuliah,,,ESDA&LH..heheu..

Studi Kasus Hutan Hujan Tropis

mengapa solusi terhadap penebangan hutan hujan tropis yag berlebihan memerlukan kerjasama internasional? Apakah hal ini merupakan solusi yang cukup untuk mengatasi masalah penggundulan hutan?

Jawab : hutan hujan tropis disebut sebagai paru – paru dunia karena secara alamiah hutan ini dapat mendaur ulang karbon dioksida dengan cara mengubahnya menjadi oksigen dan kayu, sehingga ikut menciptakan keseimbangan atmosfer dunia. Akan tetapi tingginya permintaan kayu dunia telah menyebabkan intensitas penebangan sebagian besar hutan tropis. Lebih buruk lagi, petani melakukan kegiatan pembakaran hutan ini untuk menciptakan lahan pertanian dan padang rumput. Pembakaran hutan yang terjadipun semakin memperburuk dampak dari kerusakan hutan.

Hutan hujan umumnya terletak di Negara – Negara yang relative miskin : Brazil, Peru, Indonesia, Zaire dan pilipina. Dimana kualitas lingkungan adalah barang normal, dimana bila pendapatan naik, permintaan naik. Di Negara – Negara miskin, prioritas utamanya bukan kualitas lingkungan tetapi makanan dan tempat tinggal. Brazil dan Negara yang sedang berkembang lainnya menghancurkan tanah mereka untuk menciptakan lapangan kerja.

Hilangnya pepohonan dapat menyebabkan menurunnya kemampuan atmosfer untuk membersihkan diri sendiri, pembakaran menambah gas berbahaya ke atmosfer, dan tanah hutan biasanya mengandung karbon dalam jumlah yang besar yang akan mengalami oksidasi jika pepohonan di sekitarnya dihilangkan. Mengingat atmosfer dunia merupakan salah satu contoh kolam umum, maka permasalahan penebangan hutan dan atmosfer menjadi suatu permasalahan yang “biaya”nya ditanggung oleh seluruh orang yang ada di dunia.

Masalah kolam umum merupakan akses tak terbatas terhadap sumber daya yang mengakibatkan penggunaan berlebihan hingga nilai marginal dari penggunaan tambahan sumber daya itu sama dengan nol.

Masalah kolam umum dalam eksploitasi sumber daya dapat diturunkan jika penguasa menerapkan pembatasan penggunaan sumber daya alam tersebut. Dengan membatasi output atau menerapkan pajak pengambilan sumber daya, penguasa dapat memaksa perusahaan – perusahaan yang ada untuk menggunakan sumber daya tersebut pada tingkat yang optimal secara social.

Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah kolam umum ini adalah  yang mendapatkan manfaat dari hutan hujan tropis harus membayarnya, karena yang memakai hutan hujan tropis adalah masyarakat di seluruh dunia, oleh karena itu diperlukan kerjasama internasional untuk bersama – sama menetapkan kebijakan yang tepat dan tegas untuk mendorong penebangan yang selektif dan penanaman kembali yang memungkinkan hutan sebagai penyaring udara dan sumber daya hutan sebagai produk yang terbaharui. Sebagai contoh, bantuan dari world bank dan world wildlife fund, pada tahun 1998 Brazil mengumumkan rencana untuk melindungi hutan seluas Colorado.

3 thoughts on “Eksternalitas dan Faktor Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s