..mendalami arti “Kepompong”..

siapa siiih yang tidak mengenal kupu-kupu? serangga paling cantik (maaf yaa narsissss,, buat  entomologis yg baca ini maaf yaa dibilang kupu-kupu yg paling cantik diantara semuanya..hohoho).

yupppp… ini bbrp gambarr wonderful butterfly (taken at taman kupu-kupu cihanjuang, bandung) ..koleksi saya…🙂 dua aja yaaa.. padahal masih banyak di PC saya koleksinya..buat postingan selanjutnya..

tapiii kali ini saya tidak akan bercerita tentang kupu-kupu, udah pernah dibahas sebelumnya yaa.. tahukah kamu? (cieeee..bahasaku meuni gaya).. bahwa ada proses panjaaaaang dan rumit sampai kita bisa melihat kupu-kupu yang cantik. ya, itulah yang kita sebut dengan metamorfosis (pasti semua tau kan yaah)

metamorfosis adalah “proses perubahan bentuk” secara sederhana dapat diartikan seperti itu yah, kupu-kupu merupakan serangga yang masuk ke dalam “metamorfosis sempurna” atau holometabola (mulai berats ni bahasanya)

dimana fase hidupnya terdiri dari ” Telur ~ larva ~ pupa ~ imago” atau kaya di lagu ” telur telur,, ulat ulat,, kepompong,, kupu-kupu…” semua orang juga tau kan yaaahh… (wah,,ternyata selain paling cantik, kupu-kupu ini serangga paling terkenal juga yaa #maaf ya entomologis,,lagi lagi saya narsis,, huhu)..

oaalllahh,, ini mukadimahnya kepanjangan deh kayanya.. padahal kali ini saya ingin berbagi cerita tentang kepompong alias pupa dari kupu-kupu..

Stadia pupa merupakan suatu tahap metamorfosis dimana kupu-kupu tidak aktif, tidak melakukan proses makan dan bergerak. Pada tahap ini akan terbentuk struktur kupu-kupu dewasa seperti sayap, mulut, dan organ reproduksi (Smart, 1975). Pupa terbuat dari kutikula yang cukup keras yang menutupi keseluruhan bagian pupa selama proses perubahan pupa menjadi imago.  Bentuk pupa juga sangat bervariasi, ada yang menyerupai daun, berwarna emas, hijau, keperakan (Wilson, 2008). Durasi fase pupa ini juga bervariasi tergantung pada spesiesnya, biasanya bagian pupa akan terlihat transparan ketika akan terjadi penetasan, dan biasanya penetasan banyak terjadi pada pagi hari (D’Abrera, 1990).

yups….stadia pupa adalah stadia antara ulat (makhluk yang cenderung menyeramkan bagi kebanyakan orang) dan kupu-kupu (makhluk yang cantik dan mempesona)… setiap ulat yang akan menjadi kupu-kupu harus melewati fase ini, karena dalam fase inilah akan terjadi restrukturisasi dan perubahan besar.. meski dari luar fase ini terlihat tidak aktif (diam dan tidak beraktivitas), namun di dalamnya sang ulat (calon kupu-kupu) sedang berjuang keras untuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik..🙂

pagi ini saya mencoba merenungkan kembali tentang metamorfosis kupu-kupu yang sangat menginspirasi saya dalam menjalani kehidupan ini, #sudah pernah saya posting bbrp kali kan yaah.. saat ini saya sedang berada di fase kepompong alias pupa, setelah kemaren saya menjadi larva (ulat) yang sangat aktif melahap apapun yang ada di depan saya, ulat yang tak kenal lelah, pergi gelap pulang sudah gelap lagiiii,,hoho,, ulat yang selalu berjuang dan tak pernah mengeluh.. hingga akhirnyaaa… jrengjrengjreng.. (pakai musik ah biar dramatis)…

saat ini saya merasa sedang berada pada fase kepompong. saat ini saya terlihat diam, tidak beraktivitas, tapi Insya Allah kali ini saya ini menjadikan fase kepompong ini menjadi fase yang lebih aktif, dan lebih “kepompong” artinyaa walaupun terlihat diam namun tetap berusaha dan berjuang untuk menjadi kupu-kupu yang cantik.. semoga saya tidak salah memaknai fase kepompong ini..

karena suatu saat saya percaya..saya akan benar benar menjadi kupu-kupu yang cantik dan bermanfaat…

semangaatttt aahhhh….. JUST A SMILE AND THE RAIN IS GONE

bahan bacaan :

Chapman, R. F. (1998) : The Insects : Structure and Function 4th Edition. Cambrigde University Press.

D’Abrera, B. (1940) : Butterflies of The Australian Region (Butterflies of The World ; Volume 1) . Melbourne

Wilson, M. (2008) : 101 Butterflies of Indonesias Low Lands. Yellow dot Publishing. Jakarta

6 thoughts on “..mendalami arti “Kepompong”..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s