My breastfeeding’s experience

Tahap selanjutnya setelah melahirkan adalah ‘menyusui’. Sebelum melahirkan saya sudah mulai mencari informasi mengenai tips sukses menyusui, supaya nanti saya bisa sukses memberi ASI untuk bayi saya.

Satu hal yang saya sesali adalah waktu itu saya tidak melakukan IMD atau inisiasi menyusu dini. Alasannya adalah karena faktor kelelahan yang saya alami pasca melahirkan dan kondisi fachry juga yang langsung dipasang oksigen karena banyak cairan masuk ke pernafasannya. Bidan imas bilang,,nanti upayakan dipancing ya pake mulut bayi, biar asinya cepet keluar.
Besoknya saya dan fachry sudah pulang ke rumah. Masya Allah,,besar sekali perhatian keluarga untuk fachry. Hari itu,dari pagi sampe sore keluarga,tetangga,kerabat silih berganti berdatangan. Alhasil,setiap saya dan fachry mau nyoba proses menyusui jadi sungkan karena terus-terusan ada yang nengok fachry. Sementara rasanya PD saya sudah mulai bengkak.
Hari ketiga pasca fachry lahir, dia masih belum bisa menyusu. Saya juga yang masih belum fit, kehilangan semangat untuk mencoba terus menyusui fachry (mungkin salah satu gejala babyblues yg saya alami).
Pas saya mandi,saya kaget sekali melihat PD saya yang sangat bengkak. Fyi, 10hr sebelum melahirkan saya dikasih vitamin asi yang saya konsumsi setiap hari mungkin itu yg membuat produksi asi saya melimpah namun belum bisa dikeluarkan.alhasil., Badan rasanya panas dingin, dan saya semakin putus asa dan kehilangan keyakinan saya bisa sukses menyusui fachry.
Kata orang,saya kena ‘tumawon’, tumawon adalah suatu kondisi dimana asi yang sudah diproduksi tidak dikeluarkan, sehingga payudara menjadi sangat bengkak, badan panas dingin dan ketika asi dikeluarkan sudah bukan air susu melainkan gumpalan – gumpalan menyerupai nanah (itu yang saya alami lho). Dan rasanya sakit luar biasa ketika air susu yang sudah mengumpal itu dipaksa dikeluarkan. Baru setelah semua gumpalan itu dikeluarkan, asi bisa kembali normal. Asi saya mulai keluar,tapi masih sangat sedikit.

Dan saat itu, lagi-lagi saya merasa gagal menyusui fachry dengan baik. Bayangin aja, karena saya bertahan ga mau pake susu formula, 3hari pertama fachry ga masuk nutrisi apa-apa. Saya pernah baca katanya selama 3hr pertama, bayi masih punya cadangan makanan. Tapi ternyata, fachry yang lahir dengan berat badan besar (4,1kg ) sangat membutuhkan asupan nutrisi (itu yang dibilang kakak sepupu saya yang juga seorang dokter). akhirnya,karena melihat kondisi fachry yang sangat lemas dan badannya kuning malem itu fachry dikasih sufor setelah sebelumnya fachry dicoba untuk disusuin sama sodara yg sedang menyusui ternyata ga berhasilšŸ˜¦ .

Besoknya hari ke empat stlh fachry lahir, kondisinya semakin lemah, ga nangis, ga gerak, akhirnya diputuskan untuk dibawa ke dokter. Tapi karena waktu itu bertepatan dengan libur natal,jadi dokternya tutup semua. mau tidak mau saya harus bisa menyusui fachry !

Saya semakin semangat untuk mencoba menyusui fachry,karena takut terjadi apa-apa pada fachry dan saya juga takut kena tumawon lagi,, ayo fachry sayang,qt berjuang bersama.. Solusinya,,asi saya diperah lalu dikasih ke fachry melalui dot,alhamdulilah meski sedikit tapi ada masukan nutrisi bwt fachry. Sampai hari keenam, sistemnya tetap sama, asi diperah lalu dikasih k fachry.

Alhamdulilah,,di hari ketujuh fachry bisa menyusu langsung ke saya. Dan lebih bersyukur lagi, karena fachry semakin pintar menyusu. Semakin hari semakin sehat dan besar. Here’s my baby boy fhoto, 42day, sehat&gendut, love u baby fachry :-*

image

Tips untuk newmom yang ingin sukses menyusui :

Menyusui memang bukan hal yang mudah, tapi tetap semangat dan jgn menyerah,karena kenikmatan menyusui itu adalah ketika puting lecet dan perih, tapi babyfachry bisa nenon dgn semangat, lalu tumbuh besar dan sehat

Tinggalkan Balasan

