edukASI masyarakat kebun

Alhamdulilah sebentar lagi fachry selesai program asi ekslusifnya. Perjuangan yang ga mudah ternyata pemirsaa,, terutama menghapus paradigma kolot tentang kekhawatiran kurangnya nutrisi kalo bayi cuman dikasih ASI aja.  cukup ASI aja sampai usia 6bln.

Apalagi setelah pulang ke kebun, agak ngeri ya pemirsa. Pas tau bayi umur 2hari langsung disuapin bubur bayi instan yang jelas banget di kemasannya ada tulisan ‘di atas 6 bulan’. Nah loh, ga kebayang deh, betapa kasijahannya perut & pencernaan si baby yang masih lembut dan belajar giling, langsung dikasih bubur gitu. Meski ya, bayi – bayi disini ‘keliatannya’ sehat-sehat aja, bahkan gendut – gendut loh pemirsa. Tapi tetep aja, ga tega dengernya😦

Pas bawa pulang fachry ke kebun, langsung deh jadi buah bibir. Secara ya,,anak’e pak sinder gitu, umur 3m3w fachry ikut posyandu di kebun, alhamdulilah beratnya 7,1kg.  Langsung deh jadi buah bibir, dikasih sufor dan bubur apa anake bu sinder???. Awalnya bilang ke yang nanya ‘ga dikasih apa2 koq bu, asi tok’. Mereka ga ada yang percaya, dikiranya saya bo’ong dan rahasiain merk susu & bubur fachry..

Tanpa diperintah ART di rmh sibuk wara wiri conpress (emang tukang gosyip bin rempong tuh orang) di warung, di tukang sayur, dan sama tiap orang yg tanya kalu anake pak sinder, ga dikasih apa-apa cuman asi aja. Hihi, beginilah hidup di perkebunan, yang baik yang buruk tentang kita selalu jadi buah bibir.

Tapi untuk hal yang satu ini, saya agak seneng diomongin orang. Yaaa,ini salah satu bentuk edukASI saya buat masyarakat kebun yg mostly masih kurang pengetahuan tentang ‘ajaibnya’ asi.

Tiap ketemu bumil langsung saya wanti2 deh, jangan males ngasih asi nanti pas bayinya dah lahir, juga para busui terutama yg punya bayi newborn supaya ngurangin sufor apalagi bubur, pisang or biskuit sampe bayinya 6bln. berikut edukASI saya melalui obRolan ringan dengan masyarakat kebun.

‘asi saya keluar dikit bu,, sekali disusuin langsung abis.??’

Masasiiih, prinsipnya semakin sering dikeluarin ya semakin tinggi produksinyaa,,ga percaya??? Coba deh bu, simpen dulu sufornya, truz pake asi tok,,insya allah cukupp..

bayi saya nangis terus bu, kalo ga didulang (dikasih bubur (makanan padet), kalo habis didulang tidurnya lama..

yaeyyalah,,bayangin aja sistem pencernaan dan perut bayi kita yg msh lembut langsung dikasih makanan padet. Ya pasti lama diserapnya, jadi penuh terus perutnya, makanya ga cepet laper. Beda sama asix, cepet terserap, cepet laper lagi,bangun deh,ngangis dehh..  Hehe,, tapi bayi kan emang masanya nangis bu.. Masa tega perutnya yg lembut dipaksa giling makanan padet hanya biar bayinya ga nangis😦

Susu bubuk bikin bayi tambah gemuk bu???

Hmmm, kalo yang ini mungkin bener juga sih, tapi menurut saya siy, selagi asi cukup ya asi aja.

Bayinya ga mau nyusu langsung bu??

Ibunya apa bayinya ya???? Hehe,,kalo ibunya males ngasih ya bayinya juga males nenon, apalagi biasa dikasih dot.. Emang siy, pergerakan ibu jd terbatas kalo bayi cuman bisa nen langsung. Kaya fachry, hehehe, ga mau ngedot meski isinya ASIp. Jadi saya ga bisa pergi2 deh, kecuali fachry dibawa, ribet siy. apalagi kalo dah ga tahan pengen nenon d tempat umum hihi,,ribet deh nutup pake kerudung.. Tapi ya sekali lagi, ini jihad kita sebagai ibu, dan kewajiban kita untuk memberikan hak anak kita dapet asi ekslusif.

Ngirit ya bu dikasih asi aja??

*tepokjidat* *garuk2kepala*. Bukannya ngirit, ga mau beli sufor & bubur saat ini. Tapi sayang anak, mending uangnya dipake beli kebutuhan fachry yang lain, ya kan??.

Meski yaaa,,sangat sulit menghapus pemikiran mereka yang kurang percaya kalo -asi saja cukup untuk nutrisi bayi sampe 6bln- , tapi mudah2an bisa membawa sedikit perubahan dan bikin semangat ngasix ibu2 kebun setelah liat fachry.. Amin

image

Fachry,,bayi ASI,,5bln,,8kg,, alhamdulillah..😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s