Puasa bagi Bumil dan BuSui

#justsharing tentang puasa bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Mau memasuki bulan ramadhan biasanya bumil & busui mulai galau, duhh puasa ga yah? Kuat ga yah? Kalo puasa asupan nutrisi buat si jabang bayi mencukupi ga ya? Gemana kalo AsI seret, kan kasian bayinya? dan gimana – gimana lainnya

Berikut share dari pengalaman saya..

Bulan puasa tahun lalu (2012) saya lagi hamil fachry sekitar 6 buladn. Sempet galau,, puasa ga yah?, soalnya kan memang ada keringanan untuk wanita hamil tidak menjalankan ibadah puasa ramadhan dan menggantinya dengan membayar fidyah daan catet ni tetep mengganti puasa pas udah kuat nantinya.

Syukur alhamdulillah dari awal kehamilan, kehamilan saya ini ga nyiksa. Jarang banget saya ngalamin mual muntah dan nafsu makan ga berkurang, malah semakin bernafsu di usia kehamilan 5 bulan ke atas,,hehe.

Makanya saya merasa kondisi fit dan ga sakit juga ga melakukan kegiatan berat di luar rumah, jadi ngapain juga ga puasa ya kan? Emang siy di atas jam 12 udah lapeeer banget, tapi alhamdulilah hari Pertama puasa saya coba, lancar sampe magrib. Dan alhamdulillah full 30hari, termasuk pas mudik jember-sidoarjo-bandung.

Trus,,kondisi si jabang bayi gmana? Alhamdulillah, before and after puasa saya cek di obgyn berat janin mencukupi. Dan alhamdulillah fachry lahir sehat, selamat, dan beratnya 4,1Kg..

Berikut tips dari saya buat bumil yang mau puasa :
1. Pastikan kondisi kehamilan anda sehat, udah ga mual muntah , makan ga susah. Dan anda merasa fit dan percaya, anda bisa, insya allah puasa lancaaarrr.

2.makan makanan sehat dan cukup. Terutama asupan nutrisi pas sahur, jangan males makan, minum susu dan kalo ada tambahan vitamin atas rekomendasi obgyn.

3. Tetap berkegiatan selama puasa. Kalo yang housewife kayak saya, jangan jadi males lantaran puasa. Justru dengan berkegiatan misalnya sholat sunah, tadarus al qur’an, masak buat buka, senam hamil, dll. Rasa laper yang lebih terasa dibanding kalo qt ga hamil jadi ga terasa deh.

4. Perhatikan asupan makanan. Pas buka puasa jangan kalap buu,, hehehe..dulu saya tiap buka puasa minum es campur + teh manis, sahur minum susu hamil + teh manis juga. Jadi bayinya gendut di dalem deh,,eh bener ga yah? Banyak makan gula bikin bayi gendut di dalem??

5. Konsultasi dulu dengan obgYn anda yaa,,boleh apa engga puasa..

Naaah,,buat yang puasa pas lagi hamil kaya saya,,tahun depannya pasti lagi menyusui dong ya.. Berikut tips buat yang menyusui tapi mau puasa juga. Soalnya sama dengan bumil, busui juga dapet keringanan buat ga puasa.

1. Perhatikan usia bayi anda. Nah, kalo yang masih 0-6bulan dan lagi asi ekslusif mending jangan dulu puasa deh, kasian bayinya.
Kalo saya, saat ini fachry 6,5bln udah selesai asi ekslusif dan sekarang dah mulai makan MPASI, jadi saya memutuskan untuK puasa karena sudah ada asupan lain selain asi untuk fachry.

2. Atur pemberian makan untuk bayi anda di siang hari. Jadi malam hari saya ga kasih apa-apa selain asi, nah siangnya baru dikasih makan.
jam 7 pagi bubur, trus mandi & tidur sampe jam10, jam11snack /buah, trus maen, jam12 tidur sampai jam2, jam3 saya kasih bubur, nah sebelum adzan magrib dan pas buka puasa saya kasih snack, soalnya fachry udah mulai ingin makan. Fyi, fachry ga bisa ngedot jadi ga bisa pake ASIP atau sufor deh.

3. PERCAYA ASI anda CUKUP. Awalnya saya ga pede mau puasa,takut asi saya seret. Terus ada yang bilang ke saya, katanya kalo orang puasa, meski ga makan seharian, ASI nya dikasih malaikat jadi tetep ada kalaupun berkurang tetap bikin bayi kenyang.  Dan setelah di coba, It’s works on me.. Alhamdulillah ASI ga seret, fachry ga rewel karena lapar, fachry ga mencret, Allah Akbar.

4. Perhatikan asupan makan anda. Ini juga penting banget lho bu, karena puasa sambil menyusui ternyata lebih berat, lebih cepet lapar, yang nyerap nutrisi kan dua orang. Kalo saya, pas buka puasa minum teh manis + makanan ringan terus makan berat, setelah tarawih makan berat lagi,dan sahur makan berat dengan porsi agak banyak tentunya..

Nah,,demikian tips dari saya semoga bisa jadi pencerahan buat bumil & busui yang galau memutuskan puasa atau engga.. Ini based on my experience aja yaa,,untuk lebih jelas silahkan kontak obgyn,ahli gizi, dan Dsa. #justsharing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s