MPASI mudah dan praktis

Ga mau kalah nih sama buebu di kota besar yang menulis tentang pengalaman nge-Mpasi homemade buat si buah hati. Saya juga mau bagi bagi kisah, barangkali ada buebu yang senasib sama saya, tinggal di pelosok yag serba terbatas.

Fyi, saya sekarang tinggal di perkebunan, dimana listrik pln belum masuk disini, hanya ada listrik dari genset yang nyala 6-8jam/hari.. ga ada listrik = ga bisa pake kulkas secara maksimal, ga bisa pake blender dan sejenisnya, microwave apalagi.. ohya, disini juga jauh ke pasar, apalagi supermarket sebulan sekali ajah belum tentu saya bisa nginjek kerfur..taaaapi untunglah disini ada tukang sayur yang bisa saya titip sayur dan lauk untuk fachry..

Tapi di balik semua keterbatasan itu saya masih bisa full homemade food untuk fachry. Ini strateginya (halah,, strategi -,-“)

Bahan..
Bahan saya bagi tiga, yaitu nasi, lauk, sayur dan buah sebagai makanan selingan,

Nasi.
Saya pake tepung beras biar bikin bubur menjadi mudAh dan cepat, jadi, beras dicuci bersih, kemudian digiling, lalu disangrai dan disimpan di wadah tertutup. Mudah dan menghemat waktu..

Lauk.
– telur
– daging ayam
– bandeng segar (ini favorit sayah, tadinya saya pengen ngasih salmon, tapiii apa dayah, kerfurr sulit dijangkau dari kebun., eitsss, jangan salah kandungan omega 3 bandeng 3 kali lebih besar dari salmon looh..
-ceker ayam (tapi disini rugi, beli ceker harus sama kepala ayamnya)
-teri nasi basah (suka ada di pasar terdekat)
-hati ayam
-telur puyuh
-salmon (kalo pas ketemu kalo saya turun gunung)
-tahu

Sayur
-wortel
-kentang
-buncis
-kacang panjang
-bayam
-seledri (buat penambah aroma)
– labu siam
-labu parang
-bw.putih atau daun bawang (sedikittt aja, buat penambah citarasa)
Apa aja dehhh,, yang penting, setiap makanan yang dibuat harus mengandung sayur..

Cara membuat ;
Mudahhh sekalii,, tinggal mix and match aja,, kalo sayuran yang agak keras (wortel, kentang, labu siam) saya parut halus pake parutan keju atau dirajang sampai lembut (kc.panjang buncis), direbus sampai matang bersama lauknya (yang sudah diiris haluss banget cencunyaa). Terus masukin deh tepung beras yang sudah dilarutkan dengan air dingin. Komposisi bahan kira-kira aja dehh buat porsinya bayi (hadew, amatir -,-”) Aduk rata di atas api kecil sampai matang.. jadi dehhhh…

image

Nahh, biar fachry ga bosyen, jadi saya suka variasi dengan bubur ‘manis’..biasanya untuk makan sore atau makan selingan, here’s the recipe :

Bubur pisang mas kirana
1 buah pisang mas kirana matang ( disini kebun ayah’e fachry sedang nanam pisang mas kirana, jadi banjir pisangg tiap hari)
Keju parut 1/2 sdm (saya pake pro*hiz)
Tepung beras 1 sdm..
Caranya : pisang diparut, lalu campurkan keju, dan tepung beras. Tambahkan air, aduk rata, masak di atas api kecil sampai matang..

Puding labu parang
Labu parang dikukus kemudian dihaluskan
Susu uht, sedikit saja
Agar2 tanpa rasa..
Caranya : campur semua bahan, tambah air, masak diatas api,sampai mendidih…

Mungkin cara saya agak berbeda dengan ibu – ibu kebanyakan, maklum lahh yaaaa, tinggal jauh dari peradaban modern, jadi semuanya serba terbatas.. termasuk ketika kulkas belum bisa nyala sepanjang hari, jadi ga bisa stok lauk & sayur untuk fachry.. huhuhu..tapii untunglah di balik semua keterbatasan itu masiih bisa full homemade food untuk fachry.. alhamdulillah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s