MP-ASi 12m+

image

Nahh, kalo yang ini review mp-asinya fachry pas udah setahun lebih.. dari berbagai literatur yang saya pelajari (web mpasi, grup fb, twitter, dan buku KIA ). Anak 12m+ sudah harus mulai dikenalkan dengan makanan keluarga alias table food , dengan porsi 1/3 kali porsinya orang dewasa.

Jadii, menu bubur tim fachry sudah mulai saya tinggalkan, dan kayaknya fachry juga sudah mulai eneg dan ga mau makan nasi tim campur campur itu. Cuman koq saya rasanya ga tega kalo fachry langsung harus makan nasi utuh gitu, jadi saya cari nasi bentuk lain tapi tetap melatih kemampuan makan fachry. Nasi lembek adalah salah satu yang direkomendasikan, tapi disini listrik ga kuat buat masak nasi di rice cooker, jadi agak ribet dan ga mateng kalo bikin dikompor. Pernah siih, buat alternatif lain yaitu nasi yang baru mateng di siram lagi pake air panas, terus dihancurin, taaapii koq ga yakin yaaaa dengan teksturnya.

Akhirnya pilihan sementara jatuh pada lontong, hohoho, ngikutin cara orang sini yang ngasih lontong yang dihaluskan ke bayinya. Jadi selang seling gitu, sehari lontong, sehari nasi utuh yang dilembekin dulu.. alhamdulillah fachry mulai lancar makannya dan lebih semangat..

Untuk lauknya, saya juga ga tega kalo fachry harus maKan makanan yang sama dengan AyBun.. jadii yaaa, saya modifikasi dengan tekstur yang sesuai dengan kemampuan makan fachry. Intinya tetep harus ada lauk dan sayur.. here’s some recipe kesukaannya fachry :

Sayur bening + salmon bakar
Bayam dan daun katuk kasih bawang merah putih sedikit, karena sudah setahun jadi sudah boleh makan enak (dikasih gula garam maksudnya). Lauknya ikan salmon dikukus terus disuwir suwir, masak dehh pake margarin biar ga terlalu amis pas dimakan

Sup daging + brokoli + jagung manis
Nahh,, ini juga enak kayaknya, soalnya baunya menggugah selera, fachry juga lahap makannya. Daging giling, brokoli cacah, dan jagung manis yang diiris kecil, tambah garam gula, masak di atas api sedang sampe semuanya matang dan empuk..

Sup kentang + bandeng.
Kentang diparut pake parutan keju lalu rendam di air untuk mengurangi getahnya. Masak di atas api sedang, setelah setengah matang masukkan daging ikan bandeng (udah bersih dari duri cencunyaaa), tambahkan bawang merah dan bawang putih yang udan digoreng pake margarin.. sajikan hangat..

Yaahh,intinya siy sama seperti mp-asi sebelumnya mix and match aja,, apalagii kondisi serba terbatas dan kulkas yang ga nyala teruss.. duuhhh,,suka ngiri dehh,,sama buebu yang tinggal deket pasar or kerrfurr,, bisa masak macem2 buat si toddler.tapi gapapa lah yang penting tetep berusaha ngasih yang terbaik buat fachry sayang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s