Meneruskan perjuangan kartini melalui organisasi IIK PTPN XII (Persero)

Berikut adalah teks pidato saya dalam rangka lomba pidato IIK PTPN 12 wilayah 2 jember,, di kebun kotta blater, 28juni2014, saya share di sini buat kenang-kenangan soalnya dapat juara I,,hehehe

assalamualaikum wr.wb

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat hari kartini untuk kita semua, ibu2 anggota iik, para kartini masa kini yang akan membawa perubahan yang lebih baik bagi dirinya,keluarganya dan negaranya pada umumnya

Ibu2 yang saya cintai, setiap tanggal 21april, kita selalu memperingati hari kartini, hendaknya kita tidak hanya memperingati di luar saja, misalnya dengan menggunakan kebaya dan sanggul namun kita juga harus memperingati hari kartini dengan memahami cita2 dan semangat kartini..

Ibu2, marilah kita mengenal kembali Siapa kartini???

raden Adjeng Kartini atau yang lebih tepatnya Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau lahir di Jepara, 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun. Sebagai anak seorang bupati,Kartini hidup dalam keluarga yang berkecukupan. Saat kecil, Kartini
dimasukkan ke sekolah elit orang-orang Eropa, Europese Lagere School (ELS) dari tahun 1885-1892. Di sekolah ini, Kartini banyak bergaul dengan anak-anak Eropa,, dan ketika dewasa kartini mulai melakukan surat menyurat dengan teman2nya di eropa,, hal ini membuka wawasan kartini mengenai peradaban eropa,dimana pria dan wanita memiliki kesetaraan. Kumpulan surat2 isi hati & pemikiran kartini dibukukan dalam buku yang berjudul ‘habis gelap terbitlah terang’

Dari sanalah Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan
perempuan pribumi, atau yang dikenal dengan emansipasi wanita.

Bagaimana Bentuk emansipasi wanita yang dicetuskan oleh kartini???

emansipasi merupakan penyetaraan hak dan kedudukan antara pria dan wanita untuk berperan dalam segala aspek
kehidupan dan penghidupan,

Pada zaman kartini dahulu, wanita tidak berhak untuk memperoleh pendidikan tinggi, namun saat iniperempuan dapat mendapatkan pendidikan yang layak dan wanita juga dapat berkreasi dalam berbagai bidang namun tetap menjalankan kodratnya sebagai wanita..

namun Emansipasi bukan berarti kita harus selalu memilih bekerja di luar rumah dan menyaingi kemampuan para pria. namun ketika kita memilih menjadi ibu rumah tangga,Kitapun tetap dapat
Meneruskan perjuangan Kartini dengan cara melakukan tugas dan kewajiban utama sebagai seorang istri yang menjadi pendamping yang dapat mendukung suaminya mencapai karier yang baik dan seorang ibu yang dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan lebih baik untuk bangsa ini.

Hasil perjuangan kartini adalah saat ini setiap wanita boleh berkreasi,, salah satunya dengan berorganisasi.. Kita dapat meneruskan cita-cita dan semangat perjuangan kartini melalui organisasi ikatan istri karyawan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero)

Kegiatan kegiatan yang di lakukan di IIK PTPN XII merupakan pembinaan untuk meningkatkan fungsi dan peran anggota sebagai istri,ibu dan bagian dari masyarakat yang dapat membawa kemajuan bagi keluarga pada khususnya dan negara pada umumnya. Hal ini selaras dengan Cita-cita kartini. Diantaranya :

1.istri pendamping suami,, emansipasi wanita yang dicetuskan oleh kartini tidak lagi menempatkan wanita di belakang suami dan memasrahkan seluruh hidup pada kaum pria,, tetapi dengan adanya emansipasi menempatkan wanita di samping pria, bersama sama meraih kesuksesan dan kebahagiaan keluarga,, dalam berbagai kegiatan iik kita diberikan pembinaan dan pelatihan supaya menjadi istri pendamping suami yg baik dan dapat mendukung suami menjalankan amanah yang dapat memberikan keuntungan untuk perusahaan dan mendukung suami hingga mencapai jenjang karier yang baik.

2. Ibu yang mendidik anak2nya guna menyiapkan generasi penerus bangsa,, kartini sudah membuka jalan kaum wanita untuk meraih pendidikan setinggi tingginya, mengapa kaum wanita harus pintar?? Karena kita semua yg akan mendidik anak2 kita untuk menjemput masa depan yang lebih.. Seperti bnyak ibu2 anggota iik yg sdh berhasil mendidik dan mengantarkan anak2nya meraih pendidikan dan karier yg membanggakan

3. Anggota organisasi, yang dapat menggalang persatuan dan kesatuan. Dalam organisasi kita dihadapkan dengan berbagai jenis orang, isi kepala yang berbeda, namun kita harus dapat meniru sikap kartini yang dapat bergaul dengan anak2 eropa namun tetap mau membina masyarakat di sekitarnya juga.. Oleh karena itu, dalam organisasi ini, hendaknya kita banyak belajar, berbaur dengan berbagai macam karakter sehingga dapat menciptakan persatuan dan kesatuan.

4. Panutan masyarakat, alangkah bahagianya Kartini jika melihat ibu-ibu IIK dapat menularkan semangat kartini untuk mengajak masyarakat kebun terutama kaum wanita yang mayoritas pendidikan masih rendah untuk meraih pendidikan yang layak, sehingga ada perubahan taraf kehidupan masyarakat.

Demikian tadi beberapa fungsi pembinaan dalam organisasi iik yang Selaras dengan semangat kartini. mudah-mudahan kita dapat menjadi kartini masa kini, yang dapat mencetak generasi masa depan yang lebih baik, dimulai dari diri kita,keluarga dan organisasi yang kita cintai ini.

Semoga semangat kartini dapat memotivasi kita untuk senantiasa lebih aktif dalam setiap kegiatan iik..

Demikian yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya ucapkan selamat hari karti untuk kita semua,anggota ikatan istri karyawan PTPN 12, para kartini masa kini,pembawa perubahan yang lebih baik untuk dirinya, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Wassalamualaikum wr.wb

image

#maaf, potonya brur, but trust me,, itu beneran saya loh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s