Kuliah di biomanajemen ITB

sehubungan dengan adanya beberapa email dan komen yang masuk ke saya, isinya menanyakan gambaran dan pengalaman saya kuliah di biomanajemen itb, jadi saya tulis aja deh disini..

Yaa, biomanajemen itb adalah salah satu program di sekolah pascasarjana itb, yang ada di sekolah ilmu dan teknologi hayati (dulunya biologi itb), jadi selain magister biomanajemen ada juga magister biologi dan magister bioteknologi.. untuk lebih jelasnya mengenai kurikulum, mata kuliah, dll bisa di baca di website resmi itb.. takutnya sudah ada perubahan dari zaman saya masuk bioman tahun 2009

Mengapa saya memilih biomanajemen itb???
Fyi, s1 saya bukan dari biologi itb lho, saya lulusan fakultas pertanian Unpad jurusan hama & penyakit tumbuhan.. bidang yang saya dalami adalah bidang entomologi.. nahhh,,koq saya waktu itu ga ngambil s2 entomologi atau ilmu pertanian  saja, kan lebih linier, cita2 saya ngambil s2 kan karena ingin jadi dosen??. Memang, saya sempat bingung memilih jurusan s2, taaapiii setelah saya pelajari kurikulum, mata kuliah dan tujuan program biomAnajemen, koq yaaa hati ini jadi semakin yakin, untuk memilih biomanajemen saja..

Karena apa@?
Secara umum biomanajemen atau yang dulu lebih dikenal dengan pengelolaan sumber daya hayati dan lingkungan hidup tropika (PSDHLH), bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola sumber daya hayati menjadi sesuatu hal yang menghasilkan namun tetap menjaga kelestariannya.. nahhhh,,mulia bukan,, jadi yang ada di benak saya saat itu saya akan memperoleh ilmu yang sangat aplikatif dan tidak melulu memperdalam organisme saja..

Nah, sampai disitu akhirnya saya melamar ke sekolah pasca sarjana itb, ikut tes toefl dan TPA, alhamdulillah lulus dan memenuhi syarat diterima di bioman itb.. Bismilllahirrahmanirrahim, sya memulai kuliah di bioman itb sebagai bagian dari angkatan 2009..

Well, seperti beberapa pertanyaan yang masuk ke saya, tentang jurusan s1, jadi, s2 bioman menerima berbagai disiplin ilmu, seperti angkatan saya berjumlah 14 orang, saya dari pertanian unpad, 1 orang dari pertanian univ.brawijaya, 1 orang dari perikanan unpad, 1 orang dari peternakan unpad, 2 orang dari bioteknologi univ.atmajaya, 6 orang dari biologi itb, 1 orang dari pend.biologi upi dan 1 orang dari kimia UI… Naaahh, bermacam macam kaaann…

Bagaimana proses perkuliahannya??
Ya, namanya juga kuliah di ITB, ITB = kerja keras, jadi diawal perkuliahan saya sempeeeett stress,,hehehe,,ditambah lagi saya yang baru lulus bertemu teman – teman seangkatan yang luarr biasa dengan pengalaman kerja jadi membuat saya selalu ga kebagian kupon diskusi, soalnya dieemmm teruz.. hehhee,
Tapi, alhamdulillah banyak sekali pembelajaran luar biasa yang saya dapat baik dari para dosen maupun teman teman seangkatan.. mata kuliah yang didapat pun memang dirasa sesuai dengan apA yang ingin saya dapatkan..
Seperti dasar dari biomanajemen, kuliah manajemen biologis oleh prof.tati, yang sangat membuka wawasan saya bagaimana kita harus mengerti karakteristik organisme supaya bisa mengelolanya dengan baik, sungguh luar biasa.. juga kuliah ekologi mAnusia dari Dr.endah yang sangat menarik sekalii.. dan kuliah ekonomi manajerial di sekolah bisnis dan manajemen yang sangatttt berkesaaan..
Ohya, kitapun dapat mengambil mata kuliah lain di luar prodi bioman untuk mendukung tugas akhir kita nanti, seperti saya yang mengambil beberapa mata kuliah serangga di jurusan biologi.

Naahh,,kalo tugas akhir gimana???
Umumnya sebelumnya kita masuk suatu program pascasarjana, biAsanya kita akan ditanya nanti mau tugas akhir tentang apa? Jadi yaa ga ada salahnya manteman yang mau ngambil s2 sudah nyari2 gambaran tugas akhirnya nanti mau seperti apa..
Kalo saya?? Dari awal masuk bioman saya sudah berjanji tidak akan mengkhianati cinta saya pada serangga alias entomologi meskipun s2 saya bukan jurusan entomologi.. daaan alhamdulillah, dengan pertolongan Alloh, saya dipertemukan dengan dosen yang sangattt baik selepas sholat dzuhur berjamaah di mesjid salman.
Yes she is, the one and only, Prof. Tati suryati syamsudin.. beliau yang membuka jalan saya, untuk mengkaji “manajemen biologis kupu-kupu sebagai dasar pengelolaan taman kupu-kupu yang berkelanjutan”, sebagai tugas akhir saya, dan saya dinyatakan lulus sebagai ‘magister sains’ bidang biomanajemen pada tanggal 20 juni 2011, alhamdulillah…

Tema yang diambil teman – teman seangkatan saya juga beragam, malah ada yang memgambil tema tentang ecoschool, eco-pesantren juga ada, pemberdayaan masyarakat dengan mikrohidro, pengembagan spirullina,, dan macem2 dehhh pokoknya, jadi tugas akhirnya bisa disesuaikan dengan minat dan kemampuan anda, supaya anda tetap enjoy dan dapat menyelesaikan kuliah di bioman dengan lancarrrrrr….

Setelah lulus dari bioman???
Kalo saya siiy, karena satu dan lain hal ( seperti yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya) sampai saat ini saya belum bekerja,, duhhh sediih rasanya pas nulis ini dan mengingat kembali perjuangan saya menyelesaikan kuliah di bioman tapi saya masiih belum bisa mengaplikasikan ilmu saya..:(
Taaapii jangan berprasangka buruk dulu sama lulusan bioman, dari grup angkatan saya dulu, saya tahu teman teman sudah jadi orang sukses semua, ada yang jadi dosen pns, kerja di lsm asing, jadi pns di departemen, pejabat bumn, membuka bisnis sendiri, lanjut kuliah s3, dll.
Pokoknya jangaan khawatir dehh pilih bioman, insya allah akan membuka pintu rizki kita dimasa depan…

Nahhh,,mungkin ini yang bisa saya share tentang bioman,mudah2an manteman yang sudah ada minat lanjut kuliah di bioman semakin berminat yaah, mohon maaf jika ada tulisan yang kurang sesuai..

Salam hangat,

Rahmi hadiani

One thought on “Kuliah di biomanajemen ITB

  1. waaaaah, terima kasih mbak penjelasannya ^_^ saya terbantu dgn pnjelasan di atas. InsyaAllah, saya juga akan mencoba tes segala tes biar bisa masuk ke biomanajemen itb. terima kasih mbak ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s